image

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

Apa itu HMI?
Himpunan Mahasiswa Islam atau biasa disingkat dengan HMI adalah Organisasi mahasiswa Islam tertua dan terbesar di Indonesia. Jendral Soedirman menyebut HMI sebagai Harapan Masyarakat Indonesia. HMI didirikan di Yogyakarta, pada tanggal 14 Rabiul Awal 1366 H bertepatan dengan tanggal 05 Februari 1947. Dua tahun setelah Indonesia merdeka. Saat ini HMI sudah berusia 70 tahun.
Sebagai Organisasi Mahasiswa Islam tertua dan terbesar di Indonesia, HMI memiliki kurang lebih 600 ribu kader yang terkoordinir oleh 202 cabang di seluruh Indonesia. Dan juga sudah menghasilkan kurang lebih 6 juta Alumni.
Dari 6 juta alumni yang lahir dari rahim HMI diantaranya; Nurcholis Madjid (Cak Nur), Jusuf Kalla (JK), Akbar Tandjung, Munir Said Thalib, Azumardy Azra, Komaruddin Hidayat, dan masih banyak lagi alumni yang tidak bisa disebutkan satu persatu namanya.
Yang umum kita ketahui adalah, ada banyak sekali organisasi mahasiswa Islam yang ada saat ini. Diantaranya; HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) , PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah), KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia), dll.
Seperti dijelaskan dimuka, HMI hadir lebih dulu dari pada yang lain. HMI lahir pada tahun 1947, PMII lahir pada tahun 1960, IMM lahir pada tahun 1964, dan KAMMI lahir pada tahun 1998. Pada kongres ke II Muslimin Indonesia yang berlangsung pada tanggal 20-25 Desember 1949,para pemimpin Islam bersepakat dalam Ikrar Malioboro tentang pentingnya kesatuan umat Islam (Ukhuwah Islamiyah). mereka berikrar; “Hanya Masyumi-lah satu satunya partai Islam, Organisasi pelajarnya adalah PII, organisasi mahasiswanya adalah HMI, organisasi pemudanya adalah GPII, dan Pandu Islam (PI) satu-satunya organisasi kepanduanya. (Tulisan oleh Muhadjir Effendy – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ).
Dengan demikian, HMI menjadi organisasi Mahasiswa Islam yang sudah matang akan pengalaman, dan tahan banting akan perjuangan.
Wikipedia
image

Prakarsa

Lafran Pane beserta 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam (sekarang Universitas Islam Indonesia).

Tanggal pembentukan

5 Februari 1947 / 14 Rabiul Awal 1366 H

Jenis

Organisasi Kemahasiswaan, Perkaderan dan Perjuangan.

Slogan

Yakin Usaha Sampai

Tujuan

Terbinanya insan Akademis, Pencipta, Pengabdi, Yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT.

Kongres PB HMI